04 Juni 2012

Ayam Tumis Nanas


Awalnya karena ada nanas di kulkas. Niat membeli nanas karena ingin membuat puding nanas, tapi karena dirasa terlalu banyak maka muncul ide separuhnya dibuat masakan asam manis saja, terlebih jarang sekali masak menggunakan nanas maka mumpung ada harus dicoba nih. Tadinya membayangkan gurame asam manis tapi apa daya tidak punya gurame. Buka-buka kulkas, ide eksperimen pun muncul setelah buka-buka buku resep juga, intinya cari masakan yang pakai nanas.

Bahan :
Dada ayam 2 potong, iris-iris tipis
Putih telur dari satu butir telur
Tepung maizena secukupnya
Saus tiram secukupnya
Bawang merah 3 butir iris tipis
Satu sendok makan kecap manis
Satu sendok makan saus sambal
Satu sendok  makan madu
100 ml air
Setengah buah nanas, iris kipas
Satu buah tomat merah, buang bijinya, iris dadu
Daun bawang iris serong

Cara membuat :
Irisan ayam dilumuri saus tiram, diamkan 5 menit agar saus meresap, kemudian gulingkan ke putih telur lalu ke tepung maizena, goreng dengan api sedang, setelah matang sisihkan terlebih dahulu.

Tumis bawang merah, setelah harum masukkan kecap, saus, madu, air, biarkan mendidih. Setelah itu baru masukkan gorengan ayam, nanas, tomat, daun bawang, masak sebentar lalu angkat.

Hmmm…yummy…rasanya manis, asam, gurih, segar. Benar-benar simpel dan cepat menyajikannya. Menambah segar dan ceria :D

Resep ini sudah dimodifikasi dari resep aslinya dari buku resep Ibu Siska Suwitomo.  Aslinya menggunakan paprika, tapi karena tidak punya saya ganti dengan tomat merah. Lalu karena ingin bereksperimen dengan nugget juga, saya goreng pula beberapa potong nugget. Jadi ayam bisa diganti dengan nugget. Ternyata rasanya juga tidak mengecewakan. Lebih simple dan cepat pula, apalagi jika tidak punya ayam dan ingin membuat variasi masakan dari nugget.

Selamat mencoba!
Waktu persiapan : 5 menit
Waktu memasak : 5 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar