04 Desember 2008

Istana Tour

Sejak Istana Negara dibuka untuk umum, kami penasaran untuk datang kesana. Akhirnya kesampaian juga, just wanna know ajah!
Tour istana dibuka setiap hari Sabtu dan Minggu, jam 9.00-16.00. Tapi pendaftaran maksimal sampai jam 15.00. Yang perlu dipersiapkan adalah KTP atau bukti identitas diri lainnya. Kemudian berpakaian rapi (tidak boleh pakai jeans, kaos oblong, dan sandal jepit).
Jalan masuk ke istana adalah melalui kantor Sekretariat Negara Jl. Veteran Jakarta Pusat. Kemudian kita mendaftar dengan menukarkan KTP, dan kita diberi tanda pengenal. Dan juga ingat, tidak ada biaya apapun, masuk istana itu gratis. Barang bawaan harus dititipkan semua di tempat penitipan (termasuk HP juga, pokoknya masuk Istana hanya boleh bawa diri dan baju yang melekat ) Kemudian menunggu untuk dipanggil masuk bus. Ada bus kecil yang akan mengantar kita dari area Setneg ke area istana (soalnya lumayan juga kalo jalan, jadi disediakan bus) dan di tiap-tiap bus sudah ada pemandunya.
Pertama kita akan diantar dulu ke semacam bioskop, disitu diputarkan film sejarah berdirinya istana. Kurang lebih setengah jam menonton film kemudian naik bus lagi diantar ke istana. Pertama kali masuk area istana, kita akan diarahkan untuk foto dulu. Karena tidak boleh membawa kamera, maka sudah disediakan juru foto di sana. Tempat fotonya adalah tangga depan istana, kayak kalo Presiden foto rame-rame sama para menteri. Foto akan jadi setelah selesai tour, dan biayanya Rp 10.000/afdruk. Sayangnya kita jadi tidak punya file digital/softcopynya karena kita dapatnya hasil cetakan sudah jadi.
Di dalam istana sendiri ada banyak ruang dengan fungsi masing-masing, di belakang istana ada taman yang luas, ada Gedung Bina Graha, dan gedung-gedung lain. Secara bangunan sih seperti bangunan model Belanda pada umumnya. Untuk ukuran istana buat saya ini cukup sederhana dan tidak terlalu mewah. Banyak istana di negara lain yang sangat mewah. Ya pas deh buat istananya Presiden Indonesia. Gak perlu mewah-mewah.
Liat-liat istana juga sekitar setengah jam, kemudian naik bus lagi kembali ke area kantor Setneg, dan kita bisa mengambil hasil foto kita tadi.
Untuk tour kita tidak harus membawa anggota rombongan dalam jumlah banyak. Kalau mau datang sendiri atau berdua juga bisa. Nanti digabungin dengan orang lain sehingga jumlah tiap rombongan sekitar 25-30 orang (muat satu bus kecil). Pengalaman kemarin saya datang berlima saja, gambling langsung datang sekitar jam 10-an, ternyata antriannya tidak terlalu lama karena busnya cukup banyak. Silakan melihat-lihat istana kita (kita?!?!).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar