01 Desember 2008

Ragunan Zoo


Berasa seperti kanak-kanak lagi pergi ke Kebun Binatang Niatnya memang bukan lihat hewan, tapi mau cari udara segar saja. Karena saya tahu, di Ragunan itu hewannya langka. Langka bukan hanya dalam pengertian hewannya hampir punah jadi dilindungi. Tapi langka dalam pengertian bahasa Jawa. Langka = Longko, artinya jarang. Jadi hewannya jarang alias jarang terlihat dan lebih sering ngumpetnya Hehe...maaf ya dengan pengertian ngawur saya tersebut, tidak bermaksud menyinggung siapapun

Niat menghirup udara segar dan keliling-keliling Ragunan kami (saya dan suami tercinta) wujudkan dengan menyewa sepeda tamdem. Tempat penyewaan sepeda terletak dekat Pintu Masuk Utara II, dan memang hanya ada di situ. Ada sepeda tandem dan sepeda perorangan baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Tarif menyewa sepeda tandem dewasa adalah Rp 15.000/jam. Kalo lebih dari sejam, tarifnya ditambah Rp 2500/15 menit.

Jadilah kami mengelilingi kebun binatang sampai ke ujung-ujungnya yang sepi, yang hanya ditumbuhi rumput-rumput tinggi dan menjadi tempat mojok ABG pacaran. Tak lupa juga mampir ke kandang-kandang hewan yang terlewati. Hmm...menurut saya koleksinya dari dulu itu-itu saja. Sejam puter-puter lumayan capek juga. Kalau mau lebih puas dan hemat, sebenarnya kita bisa membawa sepeda sendiri dari rumah, boleh kok sepeda masuk area bonbin. Seru juga bersepeda tandem (soalnya belum pernah ) Rasanya kompak banget ma suami

Oya sedikit cerita sebelum pergi ke Ragunan. Kami tidak tahu bukanya jam berapa, jadi kami tanya Om Google, tapi tidak ada keterangan jelas tepatnya bonbin buka jam berapa. Akhirnya karena ada beberapa blog yang cerita bahwa dia pergi ke Ragunan pagi-pagi buat olahraga hari Minggu, kami mengambil kesimpulan bahwa kebun binatangnya memang buka dari pagi. Maka sampailah kami di sana jam 6 pagi, ternyata belum buka. Kami tanya tukang parkir di situ, Kebun Binatang katanya buka jam 9. Wah masih 3 jam lagi.

Ternyata yang buka pagi adalah Gelanggang Olahraga Ragunan. Jadi sambil nungguin, kami ke GOR itu dulu. Memang itu tempat buat olahraga dan mejeng juga. Jarak antar gerbang Kebun Binatang dan GOR sekitar 300 meter dengan lebar jalan 3 meter. Tetapi di hari Minggu sepanjang jalan itu adalah pasar kaget dengan segala macam pedagang kali lima, tumpah ruah dengan orang-orang yang mau olahraga atau sekedar lihat-liat, bercampur pula dengan segala jenis kendaraan, dari motor, mobil, bahkan truk juga lewat situ. Dan itu jalur 2 arah pula! Ampuuunnnn deh! Jalan kaki saja susah, dan kami dengan mobil perlu satu jam keluar dari keruwetan pasar kaget. Saya sarankan tidak usah sekali-kali ke GOR Ragunan di hari Minggu. IT’S DISASTER IN SUNDAY!

Ketika masuk ke areal bonbin, kami cari-cari tulisan yang menginformasikan jam buka pun tidak ada. Karena kami sampai di sana loket sudah buka, jadi kami tanyakan ke petugas loket saja. Ternyata Jam buka Kebun Binatan Ragunan adalah:
Hari Senin – Sabtu : jam 08.00 – 18.00
Hari Minggu : jam 07.00 – 18.00

Untuk harga tiketnya :
Mobil : Rp 5000/mobil
Orang Dewasa : Rp 4000/orang
Anak-anak : Rp 3000/orang
Plus ada biaya asuransi Rp 500/orang.

Buat yang belum pernah ke sana atau yang dari luar Jakarta, mencapai bonbin Ragunan cukup mudah. Naik busway saja ke arah Ragunan, turun di halte terakhir (Halte Ragunan), dan tinggal jalan kaki deh masuk ke bonbin. Semoga sedikit cerita ini bermanfaat buat yang mau liburan ke sana.

9 komentar:

  1. thx infonya mbak, saya emg mau aja anak saya Fabio (10m) jln2 ke ragunan, dia seneng ama binatang. tp masa iya sih binatangnya cm dikit. hehehe

    BalasHapus
  2. makasih infonya,,, ada rencana ke ragunan juga nih, tapi sendiri (suaminya belom ada) hehe...

    kalo dari blok M turun dimana ya?

    BalasHapus
  3. makasih banyak yah infonya.. besok aku mau ke ragunan. tapi bingung buka jam berapa dan naik apa. maksih banyak infonya gbu

    BalasHapus
  4. makasih buat info jam buka-nya :)

    BalasHapus
  5. makasih mba atas informasinya
    sekarang jadi tau bonbin ragunan bukanya jam berapa:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama nih..."nyasar" ke blog ini gara-gara pengen tahu jam buka ragunan. Hehehe

      Tadi saya lewat pintu timur, ternyata emang "langka" banyak binatang yang ngumpet, saya pikir karena panas cuacanya. Untungnya deket dari pintu utara, bisa ketemu tiga beruang yang cukup aktif, jadi si kecil lumayan terhibur.

      Di ragunan kalo gak nyewa sepeda atau naik "kereta" jalan kakinya lumayan pegel...hehehe

      Hapus
  6. Thx infonya.. rncn besok minggu mo kesana nih n cr tau buka jam brp.. Thx

    BalasHapus