01 Desember 2008

Nasi Bancakan


Ini kisah lanjutan setelah dari Kawah Putih Ciwidey Bandung. Turun dari sana masih tetap keroncongan, walaupun udah diganjel jagung bakar, ketan bakar, dan secuil ikan bakar Hehe…kemaruk ya. Udah cita-cita nih tar turun ke Bandung mau cari makan uenak. Atas rekomendasi seorang teman, diajaklah kami ke Nasi Bancakan. Lokasinya di daerah sekitar belakang Gedung Sate, tepatnya di Jl. Trunojoyo 62 Bandung.

Sebelumnya teman sudah cerita bahwa ini adalah tempat makan model masakan tradisional dengan menu Sunda. Katanya menunya tuh ndesani (kata orang Jawa bilang). Wah cocok tuh pikir saya. Sesuai benar dengan selera saya yang tradisional

Sore sekitar jam 5 baru sampe sana. Hmm...parkiran dah berjejer sampe ke pinggir jalan raya. Biasanya pertanda enak nih. Maksudnya pengunjung banyak, berarti banyak yang suka, dan berarti rasanya pas buat sebagian besar orang, dan berarti Insya Allah enak. Tapi kok tempatnya gak sesuai bayangan. Ini dari luar keliatan kayak restoran. Dengan bangunan yang terlihat masih baru dan bagus, kayaknya kontras dengan menu ndesani-nya tadi. Di depan ada spanduk bertuliskan Nasi Bancakan Mang Barna & Bi O’om dengan dua gambar foto kakek nenek model orang desa.

Masuk ke dalam rame banget. Orang sudah antri di bagian dapur. Jadi konsepnya tuh kayak kalo di BreadTalk kita bisa lihat bagaimana para koki bikin roti. Konsepnya terbuka, kita bisa liat dapurnya, cara masaknya gimana. Kalo di BreadTalk kan peralatannya modern, nah kalo di sini masaknya masih pakai kayu bakar, ada tungku, alat masak dari tembaga, bumbu dapur macam-macam dijejerin di deket tungku, ikan asin terkapar menunggu digoreng atau dibakar, piring dan gelasnya juga dari kaleng (kayak alat makan mbahku dulu ) trus makannya juga ambil sendiri (tapi ya ada yang ngawasin ).

Yang pertama ambil nasi, recommended banget tuh nasi liwetnya, uenak tenan. Bebas ambilnya, kalo gak malu ya ambil yang buanyak. Abis tu bisa pilih sayur, lauk, dan sambal. Recommended banget sambel sama ikan asin bakar. Makan itu aja udah nikmat. Sambelnya macam-macam, sambal merah, sambal ijo, sambal bawang, enak semua. Ikan asinnya juga macam-macam, tapi gak hapal namanya. Setelah ambil yang diminati, kita jalan ke kasir buat nunjukin yang kita ambil, nanti mereka akan catat, dan kita dibawain nomor meja. Bayarnya tar kalo udah selesai makan. Makannya boleh pilih di meja atau lesehan. Tapi afdolnya makan ndesani gitu ya lesehan. Untung dapat deh buat lesehannya. Oya, sebelum duduk, jangan lupa ambil minum dulu, kalo mo gratisan ambil sendiri teh tawar hangat, karena sambelnya puedes pol. Jadi hati-hati ma sambelnya, dikit dulu nyobanya.

Masing-masing kami makan satu piring sudah habis. Ternyata kami keranjingan dengan nikmatnya, jadi ambil lagi nasi liwetnya. Dengan berpeluh dan mulut berhuh hah kepedesan, rasanya puas banget makan kali ini. Bener-bener memenuhi kebutuhan perut yang keroncongan dan memenuhi selera lidah. Top deh! Kapan-kapan Insya Allah kembali ke sini.

Keluar ke pintu depan, lho kok ada kakek kakek mirip orang yang ada di spanduk depan? Ternyata itu memang gambar kakek yang ada di spanduk, namanya Mang Barna. Kirain itu hanya gambar doang, ngambil foto orang desa entah dimana. Ternyata asli betulan. Wah canggih juga kakek ni punya tempat makan. Gak lupa kita minta foto bersama

Buat orang Bandung pastinya udah tau dan usah nyoba tempat makan ni. Tapi buat yang dari luar Bandung, cobain deh! Cukup recommended.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar